3 JENIS NUTRISI MAKRO DAN MIKRO YANG JARANG DI KETAHUI

Apa Saja Sih Nutrisi Makro dan Mikro?

Setiap tubuh manusia pasti sangat membutuhkan energi untuk bergerak. Energi itu berasal daru mengkonsumsi makanan, suplemen atau vitamin yang di kenal sebagai nutrisi. Jika di katakan nutrisi yang seimbang maka konsumsi yang kita makan juga harus seimbang.

Nutrisi sendiri yang kita miliki memiliki dua bagian bentuk molekul yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Sedangkan untuk fungsinya sendiri nutrisi makro lebih condong untuk memberikan energi pada tubuh sebagai aktivitas sehari-hari. Nutrisi mikro lebih berfungsi untuk mencukupi kebutuhan komposisi tubuh.

Darimana Nutrisi Itu Berasal?

Nutrisi makro berasal dari tiga elemen makanan yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan untuk nutrisi mikro bersumber dari vitamin dan mineral. Nutrisi makro dibutuhkan cukup banyak untuk tubuh. Sedangkan nutrisi mikro dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Apa Itu Nutrisi Makro?
Nutrisi makro merupakan nutrisi yang di butuhkan tubuh dalam jumlah besar. nutrisi ini berupa karbohidrat, lemak, dan protein. Manfaat ketiganya yaitu untuk menyediakan energi bagi tubuh agar saat beraktivitas tubuh terasa kuat dan tidak lemah.

Berikut ini terdapat tiga komponen pada nutrisi makro.

  • Karbohidrat, fungsi karbohidrat utuk tubuh yaitu untuk sumber energi, pemberi rasa manis, mengatur metabolisme, dan penghemat fungsi protein. Adapun makanan yang mengandung tinggi karbohidrat yaitu umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan.
  • Protien, memiliki peran penting untuk tubuh sebagai komponen fungsional dan struktural. Protein juga memiliki fungsi khas untu memelihara sel-sel jaringan tubuh. Fungsi lainnya yaitu untuk membangun lancarnya sekresi tubuh, mengatur keseimbangan air, dan mampu membentuk antibodi. Beberapa makanannya berupa kacang-acangan, daging, ikan, telur, dan biji-bijian
  • Lemak, lemak adalah gizi yang mengehasilkan energi untu tubuh. Yang dapat di dapati pada hewani dan nabati. Fungsinya untuk membawa vitamin larut lemak, sebagai pelindung bagian tubuh, sumber asam lemak esensial, dan memelihara suhu pada tubuh.Berupa makanan alpukat, kacang-kacangan, ikan, telur, dan masih banyak lagi.

 

Apa Itu Nutrisi Mikro?

Nutrisi mikro adalah komponen zat gizi pada jumlah kecil. Ada dua komponen yaitu vitamin dan mineral. Nutrisi mikro biasanya di ukur dalam satuan miligram, mikrogram, dan IU.

Berikut terdapat dua komponen pada nutrisi mikro

  • Vitamin, merupakan zat organik yang sangat berfungsi pada tubuh. Baik berupa tumbuh dan berkembang. Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro dap dengan mudah mengikuti arahan dari tabel kecukupan gizi dari Kemenkes RI. Vitamin terdapat berbagai macam yaitu;
    • Vitamin A yang awamnya untuk menjaga kesehatan mata, tulang, gigi, dan kulit
    • Vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menstabilkan kadar kalsium dan kalium
    • Vitamin E membantu membentuk sel darah merah dan sebagai antioksidan
    • Vitamin K untuk proses pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.
    • Vitamin B kompleks sebagai pembentuk energi, menjaga jaringan tubuh agar tetap sehat dan mendukung pertumbuan
    • Vitamin C menjaga kesehatan jaringan, gigi, gusi dan kulit.

 

  • Mineral, merupakan zat yang memiliki faktor penting untuk menjaga kesehatan tulang, otot, otak dan jantung. Tubuh menggunakan mineral untuk membentuk enzim, hormon dan lainnya. Berikut macam-macam contoh mineral serta fungsinya;
    • Kalsium untuk membentuk kekuatan tulang dan gigi
    • Kalium untuk menjaga otot dan sistem saraf
    • Natrium untuk menjaga keseimbangan cairan dan fungsi saraf
    • Zat besi untuk membentuk hemoglobin dan membawa oksigen untuk sel darah merah
    • Zinc sebagai menjaga fungsi sistem imun, saraf dan reproduksi

Bagaimana Jika Kurang Asupan Zat Mikro dan Zat Makro?

Kurangnya asupan nutrisi makro akan berakibat fatal. Seseorang akan mengalami kwashiorkor, marasmus dan kurangnya energi. Sedangkan kurangnya asupan nutrisi mikro akan mengakibatkan pada masalag penglihatan, anemia, penyakit gondok, dan penyekit beri-beri.

Asupan zat makro dan mikro memiliki keistimewaan masing-masing sehingga kebutuhannya harus seimbang.

 

Salam Semangattt bagi para Pejuang Diet ^_^

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *