5 Cara Alami Hilangkan Komedo

Risih ngga sih kak kalau wajah banyak komedo ? Ngomong-ngomong, selain di hidung, komedo dapat muncul di leher, punggung, lengan, atau bahu. Namun, seringnya memang di wajah. Banyak penyebab munculnya komedo, berikut beberapa penyebabnya :

  1. Komedo muncul karena adanya sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit hingga menyumbat pori-pori kulit.
  2. Polusi dan udara panas bisa memengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak jadi lebih aktif, sehingga muncul komedo.
  3. Perubahan hormon pada tubuh juga dapat memicu timbulnya komedo. Perubahan hormon ini dapat terjadi saat seseorang mengalami menstruasi, masa pubertas, kehamilan, penggunaan Pil KB.
  4. Kosmetik yang tidak dibersihkan secara maksimal juga dapat menghalangi pori-pori kulit yang bisa memicu timbulnya komedo.

Pada umumnya untuk menghilangkan komedo, orang-orang sering megatasi dengan pore pack. Padahal, perlu diketahui penggunaan pore pack  dilaporkan malah bisa memicu timbulnya komedo.  Banyak juga orang-orang yang berusaha mengeluarkan komedo dengan memencet komedo. Tetapi hal tersebut justru akan merusak kulit dan menimbulkan jaringan parut hingga iritasi. Tindakan memencet komedo juga dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi jangan coba-coba pencet komedo lagi yaa kak 🙂

Ingin Menghilangkan komedo dengan bahan Alami ? Ini 5 Bahan Alami yang bisa kakak gunakan :

  1. Kulit Jeruk. Kulit jeruk kaya akan vitamin C sehingga dapat berfungsi untuk perbaikan kulit. Cara pemakaiannya adalah dengan menggiling kulit jeruk lalu mencampurnya dengan air hingga membentuk pasta, kemudian gosokkan ke kulit yang terdapat komedo. Setelah itu, diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.
  2. Lidah Buaya. Lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat dan sulfur di dalamnya sehingga dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Pemakaiannya cukup mudah. Potong lidah buaya kemudian kupas kulitnya. Lalu, oleskan daging lidah buaya pada permukaan kulit yang terdapat komedo. Hentikan pemakaian dan bilas kulit dengan air bersih, jika muncul ruam atau terasa gatal pada kulit.
  3. Baking Soda. Baking soda juga dapat mengangkat kotoran dalam pori-pori wajah lho kak. Cara pemakainnya cukup campurkan baking soda dengan air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada kulit yang terdapat komedo dan gosok dengan lembut. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.
  4. Gula. Gula dapat mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar serta bermanfaat untuk mengilangkan komedo. Cara pemakaiannya campurkan gula putih dengan minyak yang ramah untuk kulit, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. Oleskan pada kulit yang terdapat komedo. Tunggu sampai mengering, kemudian bilas dengan air hangat.
  5. Madu dan kayu manis. Kakak dapat mengangkat komedo dengan memakai masker yang terbuat dari campuran madu dan kayu manis. Cara pemakaiannya, campurkan 2 sendok makan madu asli dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk hingga membentuk pasta. Lalu, oleskan masker tersebut dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas masker hingga bersih.  Perlu kakak ketahui, madu dan kayu manis memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat mengatasi kulit berkomedo atau berjerawat.

Itulah 5 bahan alami yang biasa kakak temui di dapur, untuk membantu mengatasi komedo. Bye-bye komedo…

 

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *