5 PENYEBAB GAGAL DIET DAN SOLUSINYA

 

Tak sedikit orang terkadang mencoba ingin menurunkan berat badan setelah sadar kalau berat badan mereka bertambah beberapa kilo. Dengan cara mengurangi porsi makan atau menghindari sarapan. Makan dengan porsi bayi atau hanya memiliki kalori dibawah 1000 Kkal.

Banyak teori yang rumornya hal itu sebagai jalan ninja untuk menguruskan berat badan yang terus naik. Ada beberapa yang berhasil dan ada juga beberapa yang malah menggangu keseimbangan metabolisme.

Tahu kah Anda? Bahwa yang di terangkan di buku Food Combining: Pola maan untuk Langsing & Sehat (2021) oleh Andang Gunawan yaitu penurunan berat badan yang terlihat pada awal diet, pengurangan porsi makan adalah pengurangan sejumlah air dan glikogen, yakni persediaan energi yang disimpan dalam hati.

Jadi segala bentuk pengurangan di awal diet yang Anda harapkan itu bukan berupa lemak tetapi sebenarnya hanya air dan glikogen. Kalaupun ada, lemak yang terkikis hanyalah sedikit. Sedangkan proses pembakaran lemak itu sendiri butuh energi yang banyak.

Nah, bayangkan jika hanya konsumsi kalori di bawah 1000 kkal. Pasti tidak akan bisa memproses dengan maksimal.

Orang yang melakukan diet rendah kalori atau biasa di sebut dengan diet keto  ini malah dapat menjadikan tubuh lebih gemuk karena penerapan diet yang tidak sesuai dengan peraturan.

Baca juga : Apa Sih Itu Diet Ketogenik ?

Berikut alasan penyebab gagal diet:

  1. Dehidrasi

6 Tips Supaya Tak Dehidrasi Saat Puasa Ramadan 2020 - Tribun Manado

Salah satu penyebab gagal diet yang paling disepelekan yaitu dehidrasi. Dimana tubuh memerlukan air sebagai asupan penting yang dapat membakar kalori.

Jika dehidrasi melanda Anda, gangguan metabolisme akan muncul sehingga akan memperlambat proses penurunan berat badan.

Solusinya, coba biasakan minum segelas air setiap kali setelah makan ataupu ngemil.

  1. Kepincut dengan pola makan lama

15 Makanan yang Mengandung Lemak Jahat

Hal ini sangat wajar sekali terjadi pada Anda yang sedang melakukan proses diet. Karena pada dasarnya tubuh kita ini memiliki pusat pengendali nafsu makan pada otak. Nah apabila gizi tercukupi, pengendali nafsu makan di otak ini akan menandai isyarat cukup terhadap tubuh.

Pun sebaliknya, jika gizi belum tercukupi, pengendali nafsu makan akan terus memberi tanda atau isyarat jika masih kurang, inilah yang menyebabkan seseorang sering merasa lapar, hingga tergoda ingin makan terus.

Solusinya, tetap fokus dengan goal kita dan jangan terlalu mempedulikan jika ada makanan yang menurut kita lezat. Memang tak semudah itu ferguso, tapi setidaknya kita sudah menghindari itu sudah termasuk gerakan untuk melupakan pola makan lama

  1. Tak diimbangi dengan olahraga

Sulit Konsentrasi? Bisa Jadi karena Malas Berolahraga - Health Liputan6.com

Salah satu penyebab diet yang gagal yaitu kurangnya bahkan tidak sama sekali diimbangi dengan olahraga. Olahraga ditinggalkan disebabkan karena tubuh yang terasa lemas.

Solusinya, melakukan pembakaran kalori yang disarankan untuk menerapkan latihan kardio dengan insensitas tinggi. Dengan cara olahraga kardio seperti lompat tali dan berlari dalam waktu 5 menit awal.

Lakukan olaraga ini semampu Anda. Karena olahraga yang berlebihan justry dapat membahayakan tubuh, ternasuk menurunkan daya tahan tubuh.

  1. Ekspektasi terlalu tinggi

Pengertian Ekspektasi : Macam Jenis, Contoh, Manfaat, Perbedaan dan Motivasi - Jagad.id

Ini harus sangat diingat bahwa menunrunkan berat badan tak semudah membalikkan telapak tangan. Tak hanya niat saja tapi harus ada evaluasi untuk menerapkan dengan cara yang tepat.

Banyak orang tidak peka akan gagal diet diakibatkan adanya ekspektai yang terlalu tinggi. Sehingga hanya menjadi halu dan pasti cepat menyerah karena merasa proses diet tak kunjung menghasilkan.

Solusinya, untuk menentukan target berat badan realistis terlebih dahulu, seperti setangah atau sampai satu kilo gram dalam sepekan. Lakukan hal ini sama dengan konsisten.

  1. Tergoda untuk konsumsi makanan favorite

3 Cara Membuat Bakso yang Dijamin Mudah dan Rasanya Enak - Lifestyle Liputan6.com

Banyak yang merasakan saat melakukan proses diet. Ada dimana Anda merasakan ingin sekali makan makanan favorit Anda. Apalagi makanan favorit itu yang memiliki tinggi kalori. kadang bisa dimaklumi yang biasa kita sebut dengan cheating day/ cheating time.

Namun, jangan salah. Melakukan hal itu hanya boleh dilakukan maksimal 1-2 kali selama proses diet anda. Memang tidak semudah itu untuk melawan hasrat ini.

Untuk melawanya, tetapkan mindset bahwa mengkonsumsi makanan tersebut akan membuat seluruh rencana diet berantakan. Maka anda bisa belajar bisa menghindarinya.

Masih mau diet Anda sia-sia? Yuk selalu terapkan pikiran yang positif dan tanamkan keyakinan pada diri Anda. Bahwa menurunkan berat badan adalah hal yang gampang dan tidak menyiksa.

Mau tau gak cara nya?? Yuk langsung konsultasikan program diet sehat anda dengan Karmula Corp.

 

Salam Semangattt bagi para Pejuang Diet ^_^

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *