6 Tips Mengatasi Kulit Berminyak

Terdapat 5 jenis kulit wajah, salah satunya kulit berminyak.  Tiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, Anda tidak perlu khawatir. Minyak sebenarnya memang diproduksi oleh kulit. Namun pada beberapa orang, produksi minyak pada kulit berlebihan menyebabkan wajah terlihat mengkilap dan mudah berjerawat. Setiap orang pasti menginginkan wajah yang bersih. Namun, sebenarnya dengan perawatan kulit berminyak yang rutin dan tepat, kulit bisa terlihat sehat dan bebas kilap.

Produk Tepat Untuk Kulit Berminyak

Pakailah produk-produk yang khusus untuk kulit berminyak. Biasanya berlabel “oil-free” untuk mengatasi kulit berminyak.

  1. Sabun Cuci Muka. Anda bisa memilih sabun cuci muka yang lembut dengan kandungan salicylic acid, beta-hydroxy acid, glycolic acid, atau benzoyl peroxide. Kebanyakan orang  berpikir dengan mencuci wajah lebih sering, kulit akan bebas minyak. Namun asumsi tersebut salah. Cara paling efektif mengatasi kulit berminyak adalah cukup mencucinya dua kali sehari seperti pada umumnya yaitu pada pagi dan malam hari. Usapkan sabun pada wajah secara lembut. Hindari menggosoknya terlalu keras, karena dapat mengiritasi kulit.
  2. Pelembab. Kebanyakan orang  berpikir kulit wajah berminyak tidak perlu lagi menggunakan pelembab, karena akan semakin terlihat mengkilap. Tetapi penilaian tersebut tidak tepat. Anda wajib tetap menggunakan pelembab terutama ketika usia bertambah untuk menghindari kulit dari efek penuaan. Agar tidak terlihat makin mengkilap dengan menggunakan pelembab, maka pilihlah pelembab yang ringan atau “oil-free”.
  3. Kertas Minyak. Kertas ini sangat membantu bagi pemilik kulit wajah berminyak karena bisa menyerap minyak wajah seketika tanpa membuat kulit kering. Cara pemakaiannya cukup tekan di area wajah yang berminyak. Hindari menggosok kertas minyak pada wajah.
  4. Kosmetik Oil Free. Pilih kosmetik dengan bahan dasar oil-free (bebas minyak) atau water-based (berbahan air) terutama dengan label noncomedogenic untuk mengatasi kulit berminyak. Kosmetik dengan bentuk bubuk dan mengandung mineral biasanya lebih cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan perona pipi dan mata dengan bahan dasar krim tidak cocok pada wajah berminyak.
  5. Gunakan Tabir Surya. Sebenarnya mengoleskan tabir surya adalah sebuah kewajiban untuk pemilik jenis kulit apapun. Pilih tabir surya yang berbentuk gel dan berlabel oil-free agar menghindari kulit Anda terlihat makin berminyak.
  6. Minum Armoura Slim & Beauty Drink. Armoura adalah minuman kecantikan dan kesehatan yang salah satu fungsinya adalah merawat kesehatan kulit dari dalam.  Mengandung Marine Collagen yang dapat meregenerasi sel kulit. Selain itu, juga mengandung L-Glutathione yang dapat menetralkan radikal bebas dan racun dalam tubuh sehingga kulit menjadi halus, bersih, dan cerah menyeluruh. Armoura terbuat dari ekstrak buah plum yang terbukti secara klinis dapat membantu mengatasi jerawat & bintik hitam, kulit kusam, mengecilkan pori-pori, dan memperbaiki warna kulit.

Anda tidak perlu stres jika memiliki kulit berminyak, hal itu justru akan memicu timbulnya jerawat. Rutinlah mencuci wajah saat pagi dan malam sebelum tidur. Jika memakai make-up, bersihkan sisa-sisa make-up yang masih menempel di wajah agar tidak memicu munculnya jerawat. Minum air putih 8 gelas perhari dan perbanyak konsumsi sayur serta buah untuk menjaga kesehatan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *