BB Semakin Naik Usai Lebaran ? Ini 6 Cara Mengembalikan BB mu Setelah Lebaran

Surabaya – Sebagian orang mengatakan Berat Badannya naik usai lebaran. Anda kah salah satunya ? Selain porsi makan yang bertambah saat lebaran, konsumsi makanan berkalori tinggi seperti ketupat, gulai, opor, rendang, juga menjadi penyebabnya.

Tak hanya itu saja, makan makanan manis seperti kue kering yang biasa tersedia pada momen lebaran seperti  putri salju, kastengel, semprit, nastar juga menyebabkan berat badan semakin bertambah dan meningkatkan risiko obesitas. Ahli gizi Ika Setyani menyebut konsumsi 3-4 nastar sama dengan makan nasi berukuran 100 gram (8-10 sendok nasi).

Namun, tak perlu khawatir. Anda bisa mencoba 6 cara ini agar berat badan kembali ideal.

Berikut adalah 5 cara menurunkan BB setelah Lebaran :

  1. Puasa Sunnah Syawal. Dalam sunnah, umat Islam dianjurkan menjalankan puasa Syawal selama enam hari setelah idul fitri. “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, ia akan mendapat pahala berpuasa seperti setahun penuh” (HR Muslim). Selain berpahala besar dihadapan Allah, berpuasa sunnah setelah Lebaran dapat menjadi peluang untuk mengembalikan pola makan dan berat badan Anda setelah Lebaran. Tak hanya itu saja, puasa memberikan segudang manfaat lainnya secara kesehatan seperti mendetoks racun dalam tubuh, menjaga berat badan tetap stabil, gula darah stabil, dan tekanan darah pun juga stabil.
  2. Perbanyak Asupan Serat. Makanan yang tinggi serat sangat cocok sebagai menu diet. Hal tersebut karena serat dapat memberikan efek kenyang lebih lama.Dengan demikian, keinginan untuk makan / nyamil pun dapat terkendali. Makanan yang tinggi serat dapat ditemui pada sayur, buah, roti gandum, atau kacang-kacangan.
  3. Kurangi Konsumsi Makanan Tinggi Kalori. Sebaiknya kurangi bahkan hindari mengonsumsi makanan yang tinggi kalori seperti makanan cepat saji, makanan manis, makanan bersantan, dan gorengan. Makanan-makanan ini dapat menimbun lemak yang membandel di dalam tubuh.
  4. Perbanyak Minum Air Mineral. Setelah lebaran, perbanyak minum air. Tujuannya agar memastikan tubuh terhidrasi dengan optimal.  Menurut ahli gizi Smith seperti dikutip dari Shape, memperbanyak asupan air akan membantu tubuh mengeluarkan racun dalam tubuh. Salah satunya lemak yang jahat. Proses pembuangan racun setelah minum air merupakan detoks alami oleh tubuh. Detoks tersebut terjadi melalui proses pada saat kita BAB, BAK, atau saat berkeringat.
  5. Bakar Kalori dengan Jalan Kaki Ringan. Setelah makan banyak saat lebaran, ada baiknya kalori yang menumpuk dalam tubuh untuk segera dimusnahkan. Tak perlu olahraga berat. Anda bisa mencoba hanya dengan jalan kaki ringan. Kepada Shape, ahli gizi Lauren O’Connor mengatakan jika Anda memaksakan olahraga terlalu berat, perut justru akan merasa sakit dan mual. Lebih baik jalan kaki ringan sekitar 15-30 menit untuk membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar.
  6. Minum Armoura Slim & Beauty Drink. Armoura adalah minuman pelangsing sekaligus perawatan kulit yang terbuat dari 100% bahan alami ekstrak buah plum. Armoura membantu mempercepat pembakaran lemak yang ada di bawah kulit, perut, dan tubuh secara keseluruhan. Dengan kandungan L-Carnitine, armoura dapat mengubah lemak menjadi energi yang optimal serta mengandung Tremella yang memiliki fungsi terbaik dalam penyerapan air sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Armoura sama sekali tidak menimbulkan efek samping dan sangat aman bagi kesehatan karena bahan dasarnya dari buah plum. Sudah Ribuan Customer yang telah merasakan manfaat Armoura. Armoura menjadi satu-satunya produk pelangsing yang memberikan garansi 100% uang kembali jika tidak terdapat perubahan sama sekali.

Demikian 6 Cara menurunkan Berat Badan setelah Lebaran yang dapat Anda Coba. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba..

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

 

sumber : cnn, sehatku, kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *