Kupas Tuntas L-Carnitine

 

L Carnitine Cara Mengambil Sebelum Latihan. Petunjuk penggunaan l-carnitine untuk menurunkan berat badan

Apa itu L-Carnitine?

L-Carnitine merupakan asam amino yang berasal dari tubuh secara alami. Namun L-Carnitine juga ada yang berbentuk suplemen. Peran L-carnitine sendiri yaitu mengubah lemak menjadi energi yang digunanakn untuk aktivitas sehari-hari.

Tak hanya untuk mengubah lemak menjadi energi, L-carnitine juga dapat menjaga kesehatan otak, jantung, sampai sistem pergerakan otot. Maka bisa terlihat banyak sekali olahragawan mengonsumsi suplemen L-carnitine sebeleum olahraga.

 

L-Carnitine ada macam-macamnya gak sih?

Jawabannya, ada. L-carnitine memiliki beberapa macam yakni:

  • Acetyl-L-carnitine

Jenis ini berfungsi untuk sistem gangguan saraf dan otak, dan bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit seperti Alzheimer atau penyakit neurodegeneratif.

  • L-carnitine L-tartrate

Jenis carnitine yang ini sering digunakan dalam bentuk supelmen untuk olahraga karena sangat mudah diserap di otot. Efektif untuk mengatasi nyeri otot dan memulihkan energi saat selesai olahraga.

  • Propionyl-L-carnitine

Diandalkan untuk mengobati dan memulihkan masalah peredaran darah. Sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah tingggih sampai pembuluh darah perifer.

  • D-carnitine

Jenis carnitine ini merupakan bentuk dari tidak aktifnya L-carnitine di dalam tubuh. Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi carnitine jenis ini. Karena dapat menghambat penyerapan bentuk carnitine aktif atau L-carnitine.

 

L-Carnitine telah cukup banyak dikenal di berbagai kalangan. Ada beerapa dosis yang harus di perhatikan dalam mengkonsumsi L-Carnitine:

  1. Acetyl-L-Carnitine: 600 mg – 2.500 mg / hari
  2. L-Carnitine L-Tartrate : 1.000 mg – 4.000 mg / hari
  3. Propinoyl- L Carnitine: 400 mg – 1.000 mg / hari

Manfaat konsumsi L-carnitine

  • Bermanfaat bagi fungsi otak

3 Hal Unik yang Dialami Otak Saat Menggoda Lawan Jenis

Mengkonsumsi jenis acetyl-L-carnitine setiap hari dapat mencegah penyakit Alzheimer dan penyakit otak lainnya. Selian itu, penelitian menyebutkan supelmen ini juga bisa melindungi keseluruhan otak dari kerusakan sel.

  • Membantu mengobati masalah jantung

Hati-Hati! Ini Tanda-Tanda Penyakit Jantung yang Tak Disadari

L-caritine ini bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya komplikasi dan kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Sehingga sangat bermanfaat untuk kondisi medis yang berhubungan dnegan jantung dan pembuluh darah.

  • Meningkatkan kekuatan saat berolahraga

9 Rekomendasi Celana Lari Wanita Muslim untuk Tetap Keren Saat Berolahraga (2020)

Umumnya olahragawan banyak yang mengkonsumsi suplemen carnitine ini. Karena dapat meningkatkan perfroma saat berolahraga dan rutin saat meminumnya. Salah satu contoh manfaatnya yaitu meningkatkan pasokan oksigen kedalam otot serta mengurangi rasa nyeri otot saat berolah raga

  • Kurangnya gejala diabetes

Penyakit Diabetes - Gejala, Penyebab, Pengobatan - Klikdokter.com

L-carnitine bisa mengurangi beberapa gejala diabetes dan resiko komplikasi penyakit yang lainnya. Cara kerjanya carnitine mnegurangi kadar gula darah dan meningkatkan kadar enzim yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengolah karbohidarat berlebih.

6 Cara Sederhana Bantu Turunkan Berat Badan Anak Berlebih

Kandungan L-Carnitine yang terserap oleh tubuh dapat membakar lemak yang signifikan menjadi energi untuk tubuh. Hal ini dianggap oleh beberapa kalangan bahawa L-carnitine dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Bantuan L-carnitine membuat program diet dan olahraga fisik menjadi lebih maksimal. Tak hanya mencegah pembentukan sel-sel lemak saja. Namun juga bisa meningkatkan energi pada saat latihan jadi lebih bertenaga dalam menjalankan olahraga. Inilah sebabnya mengapa L-carnitine sangat cocok untuk program penurunan berat badan.

Terdapat banyak merk-merk suplemen yang mengandung L-Carnitine. Beberapa kalangan saat ini sudah tidak asing dengan adanya jenis suplemen ini. Ada berbagai bentuk L-carnitine yaitu serbuk, kapsul, tablet, dan injeksi.

Banyak yang bertanya bagaimana jika carnitine di konsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Sebenarnya tidak ada informasi khusus yang dapat di percaya mengenai hal ini. Namun sejumlah kecil ibu menyusui terdapat mengkonsumsi carnitine ini. Namun jika ingin tetap aman maka, hindari penggunaanya.

 

Salam Semangattt bagi para Pejuang Diet ^_^

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *