Hati-Hati 4 Makanan Penyebab Gula Darah Tinggi Berujung Diabet

Tahukah Anda ? Indonesia berada pada urutan ke-6 dari 10 Negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi, yaitu sebanyak 10,3 juta pasien per tahun 2017 dan diperkirakan akan terus meningkat hingga menjadi 16,7 juta pasien per tahun 2045 (World Health Organization). Tetapi banyak masyarakat Indonesia yang masih kurang sadar akan bahayanya penyakit ini dan menyepelekannya. Diabetes sendiri dapat disebabkan karena 2 hal, pertama akibat pola hidup yang tidak sehat dan kedua adalah karena faktor keturunan. Apabila Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat diabetes, maka peluang Anda terkena diabetes pun tinggi.

Penyakit Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Gula darah berasal dari makanan yang kita konsumsi dan sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh karena berfungsi sebagai sumber energi. Tetapi, jika kadar gula darah terlalu tinggi, inilah yang akan menjadi bahaya. Selain menyebabkan Diabetes, Gula darah tinggi juga akan beresiko pada kesehatan mata, ginjal, jantung, dan pembuluh darah di seluruh tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk membatasi kadar gula darah Anda melalui makanan yang Anda konsumsi.

Berikut 4 Makanan yang Wajib Anda Waspadai yang Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah :

  1. Nasi Putih. Berdasarkan hasil penelitian, Seseorang yang mengonsumsi nasi putih berisiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2. Hal itu terjadi karena nasi putih memiliki kandungan yang tinggi akan karbohidrat dan rendah serat sehingga mudah diubah dengan cepat menjadi gula dan diserap ke dalam darah. Untuk menghindari risiko tersebut, disarankan mengganti konsumsi nasi putih menjadi nasi merah yang lebih kaya akan serat.
  2. Makanan Siap Saji (Junk Food). Makanan siap saji memang terasa nikmat di lidah. Tetapi siapa sangka, makanan siap saji mengandung banyak lemak, gula, dan karbohidrat yang dapat menyebabkan kenaikan drastis kadar gula darah dalam tubuh. Jika dikonsumsi dalam intensitas yang sering, makanan siap saji dapat menyebabkan peningkatkan berat badan dengan cepat dan meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Kalau begitu, jangan banyak-banyak makan junk food yaa Kak 🙂
  3. Daging Merah & Daging Olahan. Daging merah dan daging olahan banyak mengandung lemak jenuh. Berdasarkan hasil penelitian, seseorang yang setiap hari mengonsumsi daging merah dan daging olahan berisiko dua kali lipat mengalami diabetes tipe 2. Sebanarnya Daging juga baik karena kaya akan protein. Tetapi  bagi Anda yang telah memiliki riwayat diabet, agar tetap mencukupi kebutuhan protein, daging merah olahan dapat diganti dengan konsumsi dada ayam yang tanpa kulit.
  4. Roti Putih. Siapa sangka, roti putih juga tinggi akan karbohidrat. Karbohidrat yang tinggi dalam roti putih membuat roti putih lebih cepat diolah tubuh sehingga otomatis meningkatkan kadar gula darah. Sebagai gantinya, Anda dapat mengganti roti putih dengan mengonsumsi roti gandum yang mengandung lebih banyak serat.

Itulah 4 jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda secara cepat. Bukan berarti Anda dilarang untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut sama sekali, hanya saja Anda perlu membatasi. Selain itu, perlu Anda ketahui, olahraga secara rutin dalam setiap pekan juga dapat berperan untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

 

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *