Hobi Memanjangkan Kuku ? Ini Bahayanya

Kamu hobi memanjangkan kuku ? kuku yang panjang dan bersih memang terlihat menarik, tetapi tahukah kamu, kuku yang panjang memiliki risiko yang buruk terhadap kesehatan. Seseorang mengira jika ia telah mencuci tangan, maka tangannya sudah bersih. Hal itu tidak berlaku pada seseorang yang memiliki kuku yang panjang, ia perlu menggosok bagian belakang kuku panjangnya tersebut satu per satu. Tentunya hal itu akan membuat waktu untuk mencuci tangan menjadi lebih lama. Belum tentu pula, ia dapat melakukan kebiasaan ini secara konsisten.

Oleh karena itusebelum memutuskan untuk memanjangkan kuku, ada baiknya kamu mengetahui 4 risiko memanjangkan kuku :

  1. Diare. Diare sudah tidak asing lagi di telinga kita, penyakit jenis ini dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain virus, bakteri, dan parasit. Ketiga penyebab diare tersebut dapat ditemukan di balik kuku panjangmu. Virus, bakteri, maupun parasit dapat dengan mudah masuk ke tubuh melalui mulut saat kamu makan jika kamu tidak membersihkannya sesuai aturan yang telah dijelaskan di atas.
  2. Cacingan. Penyakit jenis ini bisa dialami baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. seseorang bisa mengalami cacingan karena pola hidup yang kotor. Cacing kecil atau telur cacing bisa terselip di kuku panjangmu saat kamu menyentuh tanah atau melakukan pekerjaan apa pun yang bersentuhan dengan tanah. Kemudian, kamu makan dalam keadaan belum mencuci tangan dengan benar, maka sama saja kamu membiarkan cacing kecil atau telur cacing yang berada di balik kukumu masuk ke mulut lalu masuk ke dalam tubuhmu, kemudian cacing tersebut akan tumbuh dan berkembang di dalam ususmu.
  3. Covid-19. Saat ini sedang musim pandemi Covid-19. Tidak menutup kemungkinan, memiliki kuku yang panjang meningkatkan risiko untuk tertular Covid-19. virus Corona dapat bertahan di permukaan kuku, sela-sela kuku, maupun tangan dalam waktu yang cukup lama. Jika cara membersihkan kuku panjang belum benar, maka risiko kamu terinfeksi virus Corona akan semakin tinggi. Apalagi saat kamu menyentuh area mata, hidung, atau mulut dalam keadaan tangan belum bersih secara optimal.
  4. Human papillomavirus (HPV). Penyakit human papillomavirus (HPV) adalah sejenis kutil yang dapat tumbuh di kulit atau alat kelamin yang disebabkan karena adanya infeksi virus. Virus ini menginfeksi dengan cara masuk melalui kulit yang terluka. Virus HPV dapat hidup di sela-sela kuku yang panjang. Tahukah kamu ? Kutil tidak hanya bisa tumbuh di tangan, tetapi juga dapat tumbuh pada area tubuh lain, seperti mulut, alat kelamin, dan liang anus.

Selain ke empat penyakit di atas, kuku panjang bisa mengganggu berbagai aktivitas yang biasa kamu lakukan, seperti makan, mengetik, atau memasak. Perlu dipahami bahwa menjaga kebersihan dan kesehatan kuku sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh. Apabila kukumu bermasalah atau kamu mengalami masalah kesehatan karena kukumu, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

“Potonglah (perpendek) kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat (melalui) kuku-kuku yang panjang,” (HR. Ahmad).

 

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *