Ini 5 Manfaat Bawang Bombay Yang Jarang Diketahui

Hai Mom, selain memiliki aroma yang khas dan cocok untuk penyedap makanan, nyatanya bawang bombay juga memiliki manfaat yang banyak lo bagi kesehatan.. Bawang dengan kulit berwarna cokelat ini mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh, seperti karbohidrat, serat, garam, gula, vitamin B6, vitamin C, asam folat, kalium, dan beragam antioksidan alami. Kandungan tersebut sangat luar biasa khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Penasaran ?

Berikut 5 manfaat bawang bombay bagi kesehatan :

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Bawang bombay memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan kandungan prebiotik yang baik untuk kelancaran buang air besar dan kesehatan usus secara menyeluruh. Selain itu, Bawang bombay juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya seperti B. cereus dan S. aureus. Dengan sering mengonsumsi bawang bombay, risiko mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare akan menurun.
  2. Menangkal Radikal Bebas. Selain dapat menyehatkan sistem pencernaan, bawang bombay juga dapat menangkal radikal bebas loo. Bawang bombay mengandung banyak antioksidan dan senyawa anti radang. Seperti yang kita ketahui, antioksidan dapat menangkal radikal bebas berlebih yang dapat memicu kerusakan pada sel-sel sehat dan menyebabkan beragam penyakit. Antioksidan ini banyak ditemukan di lapisan terluar bawang bombay.
  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Karena memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C maka bawang bombay sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dua kandungan tersebut dapat mengaktifkan dan memperkuat sel darah putih yang berfungsi melawan serangan virus dan bakteri, termasuk virus Covid-19.
  4. Menjaga Kadar Gula Darah. Ternyata kandungan bawang bombay sangat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang rutin mengonsumsi bawang bombay, sekitar 100 gram per hari, terbukti mengalami perbaikan kadar gula darah.
  5. Menurunkan Risiko Kanker. Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi bawang bombay mampu menurunkan risiko mengalami beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Itulah 5 manfaat bawang bombay yang mungkin belum kamu ketahui. Beberapa manfaat bawang bombay di atas memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut agar lebih valid. Tetapi dengan mengetahui kemungkinan potensinya, Kamu bisa dengan sering menjadikan bawang bombay sebagai bumbu dalam masakanmu. Agar kamu sekeluarga dapat merasakan efeknya bagi  kesehatan.

Semoga Allah SWT, senantiasa menjaga dan memberikan kita kesehatan. Aamiin..

“Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang.” (QS.Yusuf:64)

 

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *