Suka Meditasi ? Ini 5 Waktu Terbaik Untuk Bermeditasi

Apa itu meditasi ? Meditasi adalah aktivitas melatih fokus pikiran agar tercipta perasaan tenang, damai, dan sadar seutuhnya akan keadaan saat ini. Praktik bermeditasi dilakukan dengan keadaan duduk tenang sambil mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Aktivitas meditasi ini bisa dilakukan siapapun dan tanpa menggunakan alat apapun. Jika aktivitas ini dilakukan secara teratur, hasil penelitian menunjukkan akan berdampak positif bagi kesehatan fisik sekaligus kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental yang dapat diatasi dengan meditasi ini seperti gangguan kecemasan, stres, dan depresi.

Sebenarnya, meditasi dapat dilakukan kapan saja, bahkan meskipun dalam waktu yan amat singkat. Tetapi agar mendapatkan hasil yang maksimal, Berikut 5 waktu terbaik untuk melakukan meditasi :

  1. Pagi Hari. Pakar kesehatan mengatakan waktu terbaik untuk bermeditasi kurang lebih 2,5 jam sebelum beraktivitas di pagi hari. Kira-kira pukul 3-4 pagi. Pada jam tersebut, pikiran lebih mudah untuk berkonsentrasi dan suasana lebih hening sehingga dapat dengan mudah menciptakan kondisi yang fokus dan tenang.
  2. Setelah Olahraga. Bermeditasi setelah berolahraga berfungsi dapat mengendurkan otot-otot yang tegang, menenangkan sistem saraf, dan mengatur laju pernapasan agar kembali normal setelah berolahraga.
  3. Sebelum Sarapan. Beberapa pakar ada yang menyatakan bahwa meditasi bisa dilakukan 5 menit sebelum memulai aktivitas sepanjang hari, tepatnya 5 menit sebelum sarapan. Bagi seseorang yang mudah cemas di pagi hari, ini adalah aktivitas yang tepat untuk meredakan cemasmu di pagi hari. Lakukan cukup dengan duduk tenang dan ambil napas dalam secara perlahan selama 5 menit.
  4. Sebelum Tidur. Meditasi menjadi pilihat yang tepat untuk menutup segala aktivitasmu selama seharian. Setelah melakukan berbagai kegiatan yang padat di siang hari, kamu dapat melakukan meditasi sebelum tidur. Hal ini akan dapat membuatmu menjadi lebih rileks dan pikiranmu kembali jernih, sehingga keesokan harinya kamu akan lebih bersemangat untuk menjalani hari.
  5. Istirahat Kerja di Siang Hari. Eh meditasi dapat kamu lakukan juga saat waktu jam istirahat kerja loo. Meditasi di waktu ini dapat mengurangi tingkat stres akibat pekerjaan dan dapat merileksasikan otot-otot tubuh yang tegang selama bekerja. Saat melanjutkan kerja, Kamu akan kembali menjadi lebih fokus, kreatif, dan produktif.

Itulah 5 waktu terbaik untuk bermeditasi. Pesannya, jika kamu hendak bermeditasi, carilah tempat yang sepi dan tenang. Jauhkan gadget atau perangkat elektronik lainnya supaya meditasi dapat berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan. Perhatikan postur tubuhmu. Duduklah dengan tegak, condongkan dada dan tarik tubuh ke atas.

Oh ya meditasi akan menjadi lebih baik jika disertai dengan aktivitas membasahi hati dengan dzikir. Allah SWT menjamin akan memberikan ketenangan hati dan akan selalu mengingat orang-orang yang berdzikir kepada-Nya, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an:

“Orang-orang yang beriman keadaan hati mereka menjadi tenang karena dzikir kepada Allah, ingatlah dengan mengingatkan Allah, hati menjadi tenang.” (QS. Al-Ra’du: 28).

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika artikel ini bermanfaat.

Share jika artikel ini bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

Bukankah saling mengingatkan dalam kebaikan akan menjadi amal jariyah yang tiada terputus ?

Terimakasih dan Salam Hangat dari Tim Kami ^_^

sumber : alodokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *